Kamis, 04 November 2010

Menang Dengan PR ACTION

Area pertarungan yang begitu ruwet, ditambah strategi baru memenangkan hati konsumen dan juga kompleksnya masalah-masalah lain yg mempengaruhi arah pertarungan setiap brand dalam semua kategori, membuat setiap brand tak cukup lagi jika hanya didampingi oleh strategi general yg menghabiskan banyak biaya untuk iklan di Media. Contohnya beberapa brand produk yang hanya mati-matian menghabiskan dana melalui iklan TV dan melupakan area kerja Public Relations yang seharusnya dapat menjadikan brand sebagai bahan pembicaraan khayalak ramai dengan biaya murah. Jika Brand Anda memiliki banyak budget tentu tak masalah beriklan jorjoran. Namun bila budget untuk iklan tak sebesar competitor Anda dapat melaksanakan beberapa tips PR untuk memenangkan hati konsumen.

Beberapa Tips Public Relations di bawah ini dapat anda gunakan untuk mengenalkan, membangun awareness konsumen terhadap brand, bertahan dari serangan kompetitor dan juga berbagai kebutuhan brand untuk bersaing memenangkan hati konsumen.
Menetukan Titik Komunikasi/Media

Public Relations Strategy menitikberatkan pada peran pihak ketiga dalam mengkomunikasikan brand Anda. Untuk itu Anda harus menentukan titik komunikasi yang fokus pada target market brand Anda. Sebelumnya Anda harus memperhatikan bahwa titik komunikasi bukan hanya (Stasiun TV, Radio, Media Cetak) tetapi juga dapat berupa sekumpulan komunitas tertentu, mereka adalah target dan juga sekaligus media untuk Anda.

Untuk menenentukan titik komunikasi amati dan tanyakan pada target brand Anda apa yg mereka baca, apa yg mereka dengar di radio, apa yg mereka tonton di TV, jika Anda menemukan media berupa komunitas di mana mereka berkumpul dan apa yg mereka sukai?. Temukan Koran apa yg mereka baca, radio apa yg mereka dengar, di mana mereka berkumpul, dan lain-lain.

Setelah menemukan titik komunikasi yg sesuai dengan target market brand Anda, segera kumpulkan informasi tentang reporter yg menulis ataupun meliput segala hal ada kaitannya dengan Brand Anda. Ketahuilah tema apa saja yg mereka tulis, apa saja area bahasan yg bisa menjadi bahan pemberitaan mereka dan brand apa saja yg pernah mendapatkan pemberitaan yg diliput oleh mereka. Kumpulkan kontak wartawan atau reporter atau mungkin ketua komunitas tertentu. Ketahui editor di media mereka dan jalinlah komunikasi yg baik dengan mereka. Hubungan dengan para reporter, editor dan orang-orang media diperlukan untuk memudahkan akses Anda mengirimkan press release agar media dapat merilisnya.

Menentukan Materi Komunikasi.

Setelah titik komunikasi atau media terdata dan telah dipilih sesuai dengan target market brand, yg Anda harus lakukan selanjutnya adalah menentukan materi komunikasi apa saja yg akan Anda berikan kepada pihak ketiga sebagai bahan pemberitaan kepada khayalak ramai.

Untuk memudahkan Anda menentukan materi yg akan dikomunikasikan cobalah untuk melakukan Brainstorming. Temukan topik-topik tertentu yg disesuaikan dengan waktu. Lebih baik jika Anda dapat meramalkan trend sehingga Anda dapat merumuskan topik apa yg sesuai dengan trend dan dapat dihubungkan dengan kegiatan PR brand Anda. Dengan brainstorming pastikan setiap materi dan Goal (tujuan akhir) PR yg akan dikomunikasikan lewat kegiatan . Kegaiatn PR tanpa Goal yg jelas akan sia-sia.

Rumuskan materi komunikasi dan juga tujuannya yg akan Anda gunakan untuk keperluan PR selama setahun. Dengan demikian dalam setiap bulan brand Anda ditargetkan menjadi bahan berita di media massa ataupun diperbincangkan komunitas tertentu selama satu tahun. Topik yg dibutuhkan brand Anda dapat diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan, baik itu kegiatan yg khusus dilaksanakan oleh brand Anda karena isu tertentu atau kegiatan biasa seperti press confrence yg membicarakan brand Anda dan isu tertentu serta relasinya dengan brand Anda. Dengan adanya kegiatan PR yg kreatif dan menyentuh akan lebih besar kesempatan Brand Anda medapatkan liputan dari media.

Eksekusi Materi Komunikasi

Materi komunikasi yg telah ditentukan segera dieksekusi sesuai dengan waktu yg telah ditentukan . setelah dieksekusi Anda dapat menuliskan press release dan diberikan pada reporter yg telah menjadi relasi Anda pada tahap awal. Ingat kenali mereka dan hal-hal yg mereka liput sekaligus ketahui siapa editor pada titik komunikasi yg Anda pilih. Tulislah press release dengan bahasa mereka (reporter) karena itulah yg mereka sukai. Merek a akan gembira membaca press release yg memuat What, Where, WhY, Who, dll. Press release harus benar-benar jelas dan berimbang. Satu hal lagi, lebih baik jika saar eksekusi Anda mendapat liputan langsung dari wartawan.

Selain diberikan kepada reporter agar dapat dimuat di media sebagai bentuk pemberitaan, press release dapat juga Anda letakkan di website,dikirimkan kepada para costumer melalui email serta diberitahukan kepada komunitas tertentu. Mereka tentunya komunitas yg menurut Anda dapat menjdi konsumen sekaligus Brand Cheerleaders untuk Brand Anda.

Menjadi eksis sebagai bahan pembicaraan atau bahan berita memang lumayan sulit mengingat saat ini dalam hitungan detik ada saja hal baru yg dapat mengganti topik pembicaraan . Untuk itu kegiatan PR harus selalu Anda review.

Selanjutnya pekerja PR juga dianjurakn untuk mendatangi kegiatan komunitas setempat atau daerah tertentu, menjadi sukarelawan sebagai pembiacara dalam seminar atau acara komunitas. Dengan begini Anda sebagai PR brand Anda, dianggap bagian dari acara di mata para reporters dan kesempatan Anda diwawancarai akan semakin besar. Ingat , Anda akan berbicara dalam kapasitas Anda sebagai pembicara dan juga membawa nama BRAND Anda.

Dalam beberapa kasus, kegiatan PR dapat berhubungan langsung dengan Divisi Brand Activation. Akan sangat baik jika bagian PR dan Divisi Brand Activation duduk bersama untuk merusmuskan bebrapa kegiatan bersama ataupun berbeda namun masih dalam kesatuan yg berhubungan

Contoh Kasus

Anda seorang PR untuk Calon Gubernur di Provinsi Gorontalo yg akan bertarung di PILGUB 2011. Cagub Anda adalah brand yg harus dikemas secara khusus agar layak menjadi pilihan target market brand Anda. Selaku PR Cagub Anda menemui kasus jika Cagub Anda sebagai brand kekurangan dana untuk beriklan. PR Strategy dapat membantu Anda untuk mempopulerkan brand Anda dengan biaya murah.

Dalam kasus ini setelah di teliti ternyata banyak target market yg mendengarkan radio dan membaca Koran. Selain itu, sebagian besar mereka menjadikan becak motor (bentor) sebagai alat transportasi. Alasan memilih bentor sebagai media iklan karena jumlahnya yg sangat banyak di Gorontalo dan telah membentuk seperti komunitas. Selain itu informasi dapat bergulir dengan cepat jika digulirkan kepada para pengemudi bentor karena banyak dari mereka yg senang berbagi info dengan penumpang dan juga kepada sesama pengemudi di saat mereka berkumpul.Disimpulkan titik komunikasi atau media yg akan digunakan untuk PR Strategy adalah koran dan radio lokal serta komunitas pengemudi bentor.untuk keperluan yg berhubungan dengan titik komunikasi atau media yg akan digunakan, kumpulkan data reporters atau wartawan dan juga perkumpulan-perkumpulan bentor yg besar di Provinsi Gorontalo

Beberapa bulan sebelum pemilu, dengan adanya isu kenaikan BBM, Anda dengan kreatif menentukan kegiatan (PR event) yaitu Cagub Peduli. Tugas Anda selaku PR adalah meminta Brand Anda (CAGUB Anda) turun langsung mengemudikan becak motor selama bebrapa hari dalam seminggu.untuk kegiatan ini disediakan dress untuk Cagub selayaknya dress pengemudi biasanya. Ingat dalam kegiatan ini tidak ada pengawal ataupun atribut Cagub. Sang Brand harus beraksi secara professional dan menjadi pengemudi bentor layaknya, seperti mengantarkan penumpang, mencari penumpang dan lain-lain. Pastikan juga sang Cagub untuk bergabung dan bercertita dengan para pengemudi bentor di beberapa tempat yg benar-benar ramai sebagai tempat nongkrong bentor. Biarkan Brand Anda berkomunikasi dengan para pengemudi bentor lain dengan melepas atributnya sebagai orang yg terpandang .

Berikanlah Cagub Anda materi apa saja yg patut dibicarakan dengan para pengemudi bentor di beberapa tempat yg berhubungan dengan isu kenaikan bbm. Materi obrolan dapat berupa berapa pendapatn sehari, bagamana nasib keluarga para pengemudi bentor, bagaimana pendidikan anak-anak mereka dipengaruhi kenaikan bbm, dll. Saat kegiatan berlangsung Anda dapat menghubungi wartawan untuk menginformasikan kegiatan brand Anda. Ingat anda sekedar menginformasikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi berita yg menarik untuk diliput.

Jika saat eksekusi tak ada wartawan yg dapat meliput langsung, Anda dapat mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk video dan harus menyiapkan Press Release yg dapat dikirimkan kepada para wartawan atau reporter media teretntu. Ada baiknya jika Anda tetap menuliskan Press Release walaupun sudah dipastikan ada wartawan yg meliput langsung kegaiatn PR brand Anda.Hal ini untuk menjaga keakuratan liputan tentang kegiatan PR brand Anda. Press Release juga berguna di letakkan di web, dikirimkan pada media lain, serta digunakan saat konfrensi Pers.

Dengan kegiatan ini, Brand Anda (Cagub) dipastikan menjadi bahan berita media karena tingkah Cagub yg melakoni kerja sebagai penarik becak motor sangat jarang dan bertepatan media sedang hangat-hangatnya memberitakan masalah pemilu Gubernur. Selain media memberitakan Brand Anda, Komunitas becak motor akan dengan sangat mudah menjadi brand Cheerleaders yg tentunya dengan senang hati menceritakan kegiatan Cagub Anda sebagai bentuk kebaikan, kepedulian kepekaan seorang calon Gubernur.

Jika dibandingkan dengan beriklan jorjoran di TV , radio ataupun koran, contoh kegiatan PR brand Anda di atas lebih murah dari spot iklan TV dan radio serta space iklan di koran . Karena brand Anda menjadi bahan berita bukan mengambil space atau spot di media sebagai iklan. Selain itu kegaiatan PR di atas dapat menjadi berita lokal bahkan nasional yg dapat diperbincangkan orang selama berhari-hari. Selain diberitakan media, bentuk kegiatan di atas dipastikan menjadi bahan cerita komunitas pengemudi bentor di Provinsi Gorontalo. Goal dari kegiatan ini tentunya hadirnya empati dan simpati yg besar dari khayalak ramai spesialnya pengemudi bentor bahwa brand Anda mengerti keadaan mereka dengan menjalankan profesi selayaknya pengemudi bentor selama beberapa hari. Bukan hanya menyapa saat kampanye dengan dialog bebrapa menit dan lewat seperti angin tapi menjalankan profesi bentor selama beberapa hari.

Selalu Dalam Target

Menjadi eksis untuk jadi bahan berita dan pembicaraan orang bukan hal yg mudah, untuk itu selaku PR untuk brand, Anda diwajibkan melihat target sehingga semangat selalu ada. Ingat, kesungguhan Anda diperlukan agar brand Anda selalu terjaga di kepala dan hati target pasar brand Anda. Hubungan dengan wartawan, editor media, ketua-ketua komunitas, produsers dan lain-lain juga tetap harus dijaga dan ditingkatkan pada level hubungan emosional yg lebih pribadi. Hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan liputan dari mereka sebagai penentu berita Anda akan dirilis atau setidaknya layak menjadi bahan berita komunitas tertentu. Selamat mencoba tips PR Strategy di atas dalam bentuk kegiatan kreatif lainnya untuk brand Anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar